Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas
/ Semester : V / 2
Standar Kompetensi : 5.
Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan
secara lisan.
MENDENGARKANa
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK/ PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
Nilai karakter
|
5.1 Menanggapi
cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara
lisan.
|
Peristiwa yang terjadi di
sekolah
|
§ Siswa mendengarkan cerita tentang peristiwa yang
terjadi di sekolah.
§ Siswa menuliskan cerita yang didengar dengan bahasa
yang runtut.
§ Siswa menjelaskan masalah atau peristiwa yang
terjadi di sekolah dengan runtut.
§ Siswa memberikan komentar atau saran dengan alasan
yang logis dan bahasa yang santun.
§ Siswa menjawab/mengajuka n beberapa pertanyaan
tentang peristiwa yang terjadi.
|
§
Menjelaskan
masalah atau peristiwa yang terjadi di sekolah secara runtut.
§
Memberikan
komentar atau saran dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun.
§
Menjelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi di
lingkugan sekitar dengan runtut.
§
Memberikan
komentar atau saran dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun.
|
Teknik :
§ Lisan
§ Tertulis
§ Perbuatan
Bentuk :
§ PG, Isian, Esay
§ Unjuk Kerja
§ Produk
Instrumen :
§ Daftar pertanyaan
§ Lembar pengamatan
§ Lembar penilaian produk
|
9 JP x 35’
|
§ Peristiwa nyata yang terjadi di sekolah.
§ Media cerak dan elektronik.
§ Buku-buku yang relevan.
§ Rekaman cerita tentang peristiwa.
|
§ Toleransi
§ Menghargai
prestasi
§ Bersahabat/
Komunikatif
§ Jujur
|
5.2 Mengidentifi-kasi
unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat)
|
Cerita pendek anak
|
§ Siswa mendengarkan cerita pendek.
§ Siswa menyebutkan tokoh-tokoh cerita dan
sifat-sifatnya.
§ Siswa menentukan latar cerita dengan mengutip
kalimat atau paragraf yang mendukung.
§ Siswa menentukan tema cerita.
§ Siswa menentukan amanat yang terkandung dalam cerita
§ Siswa menceritakan kembali isi cerita dengan bahasa
secara lisan/tertulis.
|
§
Menjelaskan
tokoh-tokoh cerita dan sifat-sifatnya.
§
Menentukan
latar cerita dengan mengutip kalimat atau paragraf yang mendukung.
§
Menentukan tema
cerita.
§
Menentukan
amanat yang terkandung dalam cerita.
§
Menceritakan
kembali isi cerita dengan bahasa sendiri.
|
Teknik :
§ Tertulis
Bentuk :
§ PG, Isian, Esay
§ Produk
Instrumen :
§ Daftar pertanyaan
§ Lembar penilaian produk
|
12 JP x 35’
|
§ Buku pegangan siswa kelas 5 SD
§ Buku cerita anak-anak
|
§ Toleransi
§ Menghargai
prestasi
§ Bersahabat/
Komunikatif
§ Jujur
§ Mandiri
§ Gemar
membaca
|
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas
/ Semester : V / 2
Standar Kompetensi : 6.
Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain
drama.
BERBICARA
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK/ PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
Nilai karakter
|
6.1 Mengomentari
persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan
kata dan santun berbahasa.
|
Persoalan faktual
|
§ Siswa mendata persoalan faktual yang terjadi di
lingkungan sekitar dari media informasi.
§ Siswa mengidentifikasi pokok-pokok persoalan yang
dikemukakan teman.
§ Siswa mengajukan beberapa pertanyaan tentang
persoalan yang dikemukakan teman sesuai dengan topik.
§ Siswa memberikan pendapat dan saran dengan alasan
yang logis terhadap persoalan faktual yang dikemukakan teman.
§ Siswa membuat kliping tentang persoalan faktual.
|
§
Mengidentifikasi
pokok-pokok persoalan yang dikemukakan teman.
§
Menanyakan
tentang persoalan yang dikemukan teman sesuai dengan topik.
§
Memberikan
pendapat dan saran dengan alasan yang logis terhadap persoalan faktual yang
dikemukan teman.
|
Teknik :
§ Tertulis
§ Perbuatan
Bentuk :
§ Esay
§ Unjuk Kerja
§ Produk
Instrumen :
§ Daftar pertanyaan
§ Lembar pengamatan
§ Lembar penilaian produk
|
9 JP x 35’
|
§ Buku Bahasa Indonesia kelas 5 SD
§ Persoalan faktual
§ Media cetak dan elektronik
§ Buku lain yang relevan
|
§ Toleransi
§ Menghargai
prestasi
§ Bersahabat/
Komunikatif
§ Jujur
|
6.2 Memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang
tepat.
|
Drama pendek
|
§ Siswa membaca dialog drama pendek dengan lancar dan
jelas.
§ Siswa membagi peran.
§ Siswa memerankan drama pendek anak-anak dengan
lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresi yang sesuai dengan karakter tokoh.
§ Siswa menulis kesimpulan isi drama.
§ Siswa menyusun naskah drama dari 3-5 tokoh.
§ Siswa memerankan drama yang disusun sendiri.
|
§
Membaca dialog
drama pendek dengan lancar dan jelas.
§
Memerankan
drama pendek anak-anak dengan lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresi yang
sesuai dengan karakter tokoh.
|
Teknik :
§ Tertulis
§ Perbuatan
Bentuk :
§ Esay
§ Unjuk Kerja
§ Produk
Instrumen
:
§ Daftar pertanyaan
§ Lembar pengamatan
§ Lembar penilaian produk
|
9 JP x 35’
|
§ Buku Bahasa Indonesia kelas 5 SD
§ Berbagai contoh naskah drama
§ Rekaman pertunjukan drama
|
§ Toleransi
§ Menghargai
prestasi
§ Bersahabat/
Komunikatif
§ Jujur
§ Kreatif
§ Gemar
membaca
|
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas
/ Semester : V / 2
Standar Kompetensi : 7.
Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita
anak.
MEMBACA
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK/ PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
Nilai karakter
|
7.1 Membandingkan isi dua teks yang dibaca dengan membaca sekilas.
|
Berbagai teks
|
§ Siswa membaca beberapa teks bacaan yang berbeda
(judul beda, tema sama).
§ Siswa membandingkan isi antar teks dengan memberikan
alasan.
§ Siswa menjelaskan garis besar isi kedua teks.
§ Siswa menjawab pertanyaan tentang isi kedua teks.
§ Siswa menyimpulkan isi kedua teks.
|
§
Menjelaskan
garis besar isi teks.
§
Membandingkan
isi antar teks dengan memberikan alasan.
|
Teknik :
§ Tertulis
Bentuk :
§ Esay
§ Produk
Instrumen :
§ Daftar pertanyaan
§ Lembar penilaian produk
|
9 JP x 35’
|
§ Buku Bahasa Indonesia kelas 5 SD
§ Teks bacaan
§ Media cetak dan elektronik
§ Buku lain yang relevan
|
§ Toleransi
§ Menghargai
prestasi
§ Bersahabat/
Komunikatif
§ Jujur
§ Gemar
membaca
|
7.2 Menemukan informasi secara cepat dari berbagai teks khusus
(buku-buku petunjuk telepon, jadwal perjalanan, daftar susunan acara, daftar
menu, dll) yang dilakukan melalui membaca memindai.
|
Petunjuk jadwal perjalanan,
sarana transportasi, susunan acara, daftar menu
|
§ Siswa membaca buku petunjuk.
§ Siswa menjawab/mengajukan beberapa pertanyaan
tentang isi petunjuk
§ Siswa menemukan secara cepat dan tepat informasi
yang diperlukan atau diminta oleh guru atau teman.
§ Siswa menjelaskan petunjuk telepon, jadwal
perjalanan kereta api, susunan acara,
daftar menu dalam bentuk narasi.
§ Siswa menyusun buku petunjuk.
|
§
Menemukan
secara cepat dan tepat informasi yang diperlukan atau diminta oleh guru atau
teman.
§
Menjelaskan
petunjuk telepon, jadwal perjalanan kereta api, susunan acara, daftar menu
dalam bentuk narasi.
|
Teknik :
§ Tertulis
§ Perbuatan
Bentuk :
§ Esay
§ Produk
Instrumen :
§ Daftar pertanyaan
§ Lembar penilaian produk
|
6 JP x 35’
|
§ Berbagai teks khusus, buku petunjuk telepon,
ensiklopedia
§ Kamus Umum Bahasa Indonesia
§ Buku-buku yang relevan
|
§ Toleransi
§ Menghargai
prestasi
§ Bersahabat/
Komunikatif
§ Jujur
§ Gemar
membaca
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK/ PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
Nilai karakter
|
7.3 Menyimpulkan isi cerita dalam beberapa kalimat.
|
Cerita anak
|
§ Siswa membaca cerita anak
§ Siswa mengidentifikasi isi cerita anak
§ Siswa menjawab pertanyaan tentang isi cerita yang
dibaca.
§ Siswa menjelaskan isi cerita anak.
§ Siswa menyimpulkan isi cerita anak.
§ Siswa meringkas isi cerita.
§ Siswa menceritakan kembali dengan bahasa yang
runtut.
|
§
Mengidentifikasi
cerita anak.
§
Menjelaskan isi
cerita anak.
§
Menyimpulkan
isi cerita anak.
|
Teknik :
§ Tertulis
§ Perbuatan
Bentuk :
§ Esay
§ Unjuk Kerja
§ Produk
Instrumen :
§ Daftar pertanyaan
§ Lembar pengamatan
§ Lembar penilaian produk
|
9 JP x 35’
|
§ Buku pegangan siswa kelas 5 SD
§ Buku cerita anak-anak
§ Media cetak dan elektronik
|
§ Toleransi
§ Menghargai
prestasi
§ Bersahabat/
Komunikatif
§ Jujur
§ Gemar
membaca
|
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas
/ Semester : V / 2
Standar Kompetensi : 8.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam
bentuk ringkasan, laporan, dan puisi bebas.
MENULIS
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK/ PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
Nilai karakter
|
8.1 Meringkas isi buku yang dipilih sendiri dengan memperhatikan
penggunaan ejaan.
|
Buku pengetahuan dan cerita
|
§ Siswa membaca buku pengetahuan.
§ Siswa menulis identitas buku pengetahuan yang
dipilih.
§ Siswa menulis pokok-pokok isi buku.
§ Siswa menulis ringkasan buku dalam beberapa kalimat.
§ Siswa mempresentasikan isi buku yang telah dibaca
dan membacanya di depan kelas.
|
§
Menulis
pokok-pokok isi buku.
§
Menulis
ringkasan buku dalam beberapa kalimat
|
Teknik :
§ Perbuatan
Bentuk :
§ Unjuk Kerja
§ Produk
Instrumen :
§ Lembar pengamatan
§ Lembar penilaian produk
|
6 JP x 35’
|
§ Buku Bahasa Indonesia kelas 5 SD
§ Buku pengetahuan
§ Buku cerita
§ Buku lain yang relevan
|
§ Toleransi
§ Menghargai
prestasi
§ Bersahabat/
Komunikatif
§ Jujur
§ Gemar
membaca
|
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK/ PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
Nilai karakter
|
8.2 Menulis
laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan (catatan, konsep awal,
perbaikan, final) dengan memperhatikan penggunaan ejaan.
|
Buku pengetahuan dan cerita
|
§ Siswa mengunjungi obyek.
§ Siswa mencatat hasil kunjungan.
§ Siswa menulis laporan berdasarkan tahapan.
§ Siswa membacakan laporan hasil kunjungan.
§ Siswa memperbaiki tulisan berdasarkan masukan dari
teman atau guru menjadi laporan yang baik.
§ Siswa membacakan laporan hasil kunjungan, di depan
kelas.
|
§
Menulis laporan
berdasarkan tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal).
§
Memperbaiki
tulisan berdasarkan masukan dari teman atau guru menjadi laporan yang baik.
|
Teknik :
§ Tertulis
§ Perbuatan
Bentuk :
§ Unjuk Kerja
§ Produk
Instrumen :
§ Lembar pengamatan
§ Lembar penilaian produk
|
6 JP x 35’
|
§ Buku Bahasa Indonesia kelas 5 SD
§ Objek kunjungan (tempat bersejarah, tempat wisata,
tempat umum, dll).
§ Buku lain yang relevan
|
§ Toleransi
§ Menghargai
prestasi
§ Bersahabat/
Komunikatif
§ Jujur
§ Gemar
membaca
|
8.3 Menulis
puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat.
|
Menulis puisi
|
§ Siswa menentukan gagasan pokok berdasarkan
pengalaman.
§ Siswa menulis puisi berdasarkan gagasan pokok.
§ Siswa membacakan puisi hasil karya sendiri.
§ Siswa membuat kliping puisi.
|
§
Menentukan
gagasan pokok berdasarkan pengalaman.
§
Menulis puisi
berdasarkan gagasan pokok.
|
Teknik :
§ Tertulis
Bentuk :
§ Produk
§ Portofolio
Instrumen :
§ Lembar penilaian produk
|
6 JP x 35’
|
§ Buku Bahasa Indonesia kelas 5 SD
§ Buku kumpulan puisi
§ Media cetak dan elektronik
§ Buku lain yang relevan
|
§ Toleransi
§ Menghargai
prestasi
§ Bersahabat/
Komunikatif
§ Jujur
§ Gemar
membaca
|
Mengetahui
Kepala …………………………….
|
Malang, Desember 2011
Guru Kelas V
|
0 comments:
Post a Comment