gg

Sunday, December 16, 2012

Promes SD Kelas 5

-->
PROGRAM SEMESTER
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
TAHUN PELAJARAN 2011 – 2012

Kelas/Semester                   :    V/2                                                                                                                                                                                                                                                      Jumlah Jam : 132 JP
No

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pokok
Alokasi
Waktu
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
Juli
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5

5.
Mendengarkan
Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan.














5.1  Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan.











Ul. Harian II

5.2  Mengidentifi-kasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat)

§ Menjelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi di sekolah secara runtut.
§ Memberikan komentar atau saran dengan alasan yang logis dan  bahasa yang santun.
§ Menjelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi di lingkugan sekitar dengan runtut.
§ Memberikan komentar atau saran dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun.




§ Menjelaskan tokoh-tokoh cerita dan sifat-sifatnya.
§ Menentukan latar cerita dengan mengutip kalimat atau paragraf yang mendukung.
§ Menentukan tema cerita.

Peristiwa yang terjadi di sekolah
















Cerita pendek anak

1 JP



2 JP




3 JP



3 JP




3 JP

3 JP


2 JP



1 JP



































PROGRAM SEMESTER
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
TAHUN PELAJARAN 2011 – 2012

Kelas/Semester                   :    V/2                                                                                                                                                                                                                                                       Jumlah Jam : 132 JP
No

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pokok
Alokasi
Waktu
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
Juli
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5










6.









Berbicara
Mengungkap-kan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama







Ul. Harian V


6.1  Mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.





Ul. Harian VI
§ Menentukan amanat yang terkandung dalam cerita.
§ Menceritakan kembali isi cerita dengan bahasa sendiri.




§ Mengidentifikasi pokok-pokok persoalan yang dikemukakan teman.
§ Menanyakan tentang persoalan yang dikemukan teman sesuai dengan topik.
§ Memberikan pendapat dan saran dengan alasan yang logis terhadap persoalan faktual yang dikemukan teman.











Persoalan faktual


2 JP


4 JP



3 JP


3 JP



3 JP



3 JP






3 JP







































PROGRAM SEMESTER
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
TAHUN PELAJARAN 2011 – 2012

Kelas/Semester                   :    V/2                                                                                                                                                                                                                                                       Jumlah Jam : 132 JP
No

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pokok
Alokasi
Waktu
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
Juli
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5















7.




















Membaca
Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak.
6.2  Memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat.





Ul. Harian III



7.1  Membanding-kan isi dua teks yang dibaca dengan membaca sekilas.

Ul. Harian IV
§ Membaca dialog drama pendek dengan lancar dan jelas.
§ Memerankan drama pendek anak-anak dengan lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresi yang sesuai dengan karakter tokoh.





§ Menjelaskan garis besar isi teks.
§ Membandingkan isi antar teks dengan memberikan alasan.

Drama pendek













Berbagai teks


3 JP


6 JP







6 JP



3 JP

3 JP




3 JP










































PROGRAM SEMESTER
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
TAHUN PELAJARAN 2011-2012

Kelas/Semester                   :    V/2                                                                                                                                                                                                                                                       Jumlah Jam : 132 JP
No

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pokok
Alokasi
Waktu
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
Juli
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5














































7.2  Menemukan informasi secara cepat dari berbagai teks khusus (buku-buku petunjuk telepon, jadwal perjalanan, daftar susunan acara, daftar menu, dll) yang dilakukan melalui membaca memindai.

Ul. Harian VII

7.3  Menyimpulkan isi cerita dalam beberapa kalimat.




Ul. Harian IX
§ Menemukan secara cepat dan tepat informasi yang diperlukan atau diminta oleh guru atau teman.
§ Menjelaskan petunjuk telepon, jadwal perjalanan kereta api, susunan acara, daftar menu dalam bentuk narasi.







§ Mengidentifikasi cerita anak.

§ Menjelaskan isi cerita anak.
§ Menyimpulkan isi cerita anak.

Petunjuk jadwal perjalanan sarana transporta-si, susunan acara, daftar menu.










Cerita anak





3 JP





3 JP










3 JP

3 JP


3 JP

3 JP


3 JP





































PROGRAM SEMESTER
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
TAHUN PELAJARAN 2011 – 2012

Kelas/Semester                   :    V/2                                                                                                                                                                                                                                                       Jumlah Jam : 132 JP
No

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pokok
Alokasi
Waktu
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
Juli
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5

8.











Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan, dan puisi bebas.

8.1  Meringkas isi buku yang dipilih sendiri dengan memperhatikan penggunaan ejaan.

Ul. Harian I


8.2  Menulis laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan (catatan, konsep awal, perbaikan, final) dengan memperhatikan penggunaan ejaan.

Ul. Harian X

§ Menulis pokok-pokok isi buku.
§ Menulis ringkasan buku dalam beberapa kalimat.






§ Menulis laporan berdasarkan tahapan (dari catatan ke konsep awal/buram awal).
§ Memperbaiki tulisan berdasarkan masukan dari teman atau guru menjadi laporan yang baik.


Buku pengeta-huan dan cerita







Sistematika penyusun-an laporan











3 JP

3 JP





3 JP


3 JP




3 JP








3 JP






































PROGRAM SEMESTER
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
TAHUN PELAJARAN 2011 – 2012

Kelas/Semester                   :    V/2                                                                                                                                                                                                                                                       Jumlah Jam : 132 JP
No

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pokok
Alokasi
Waktu
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
Juli
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5


8.3  Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat.


Ul Harian VIII

Cadangan


Remidi dan Pengayaan
§ Menentukan gagasan pokok berdasarkan pengalaman.
§ Menulis puisi berdasarkan gagasan pokok.

Menulis Puisi





3 JP


3 JP


3 JP

6 JP


6 JP




































Keterangan :
1.  # : Pekan tidak efektif ;  # : UAS dan UN ;  Biru : UTS ; Ungu : UAS  ; Hijau : LS



Mengetahui
Kepala SDN Ketawanggede 1





Malang, Juli 2011
Guru Kelas V






0 comments:

Post a Comment

Sosial Network

TwitterFacebookGoogle PlusLinkedInRSS FeedEmail