PROGRAM TAHUNAN
Sekolah : SD GUGUS IV KEC. LOWOKWARU
Mata Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas / Semester:
V / II
No.
|
Standar kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Alokasi
Waktu
|
Ket
|
1.
|
Tema:
Rasa Seneng
Mendengarkan:
Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan
melalui mendengarkan pesan langsung, cerita wayang, drama, dan
ungkapan teman tentang kegembiraan.
|
Mendengarkan ungkapan teman tentang
suatu peristiwa
Menanggapi persoalan faktual
Membaca bersuara
Menulis laporan hasil pelaksanaan tugas
tertentu (eksposisi)
Mengapresiasi tembang Macapat
|
5
jp
|
|
2.
|
Tema:
Peristiwa Alam
Berbicara :
Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan, dengan
ragam bahasa tertentu.
|
Membaca Pemahaman
Menanggapi suatu permasalahan dan memberikan saran
atau jalan keluar untuk memecahkan masalah tersebut
Mendengarkan cerita rakyat
Menulis karangan
Mengapresiasi susastra Jawa , Misal cerita wayang, naskah drama,
geguritan, dsb.
|
5
jp
|
|
3.
|
Tema:
Transmigrasi
Membaca:
Mampu membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik
membaca cepat, membaca bersuara, membaca indah,
membaca huruf jawa
|
Mendengarkan percakapan/dialog
Melakukan wawancara dengan memperhatikan pilihan
kata dan santun berbahasa yang sesuai
Membaca huruf jawa
Menulis dialog (percakapan)
Mengapresiasi cerita rakyat atau dongeng
|
5
jp
|
|
4.
|
Tema:
Pahlawan
Menulis :
Mampu menulis karangan dengan pikiran dalam
berbagai ragam bahasa jawa dan jenis karangan tertentu sesuai kaidah
|
Membaca cepat
Meringkas
Mendeskripsikan benda atau alat secara rinci dengan bahasa yang
komunikatif dan kosa kata yang tepat
Mengapresiasi tembang Macapat atau geguritan
Mengapresiasi susastra Jawa , Misal cerita wayang, naskah drama,
geguritan, dsb.
|
5
jp
|
|
5.
|
Tema:
Kegiatan Sekolah
Apresiasi Sastra:
Mampu mengapresiasi susastra jawa
|
Mendengarkan pesan langsung atau lewat telepon
Membaca indah
Menyusun
laporan wawancara
Menulis surat yang berisi pendapat atau gagasan (argumentasi)
Mengapresiasi tembang Macapat
|
5
jp
|
|
6.
|
Tema:
Pendhidhikan
Membaca:
Mampu membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik
membaca cepat, membaca bersuara, membaca indah,
membaca
huruf jawa
|
Membaca bersuara
Mengapresiasikan cerita anak
Menanggapi suatu permasalahan dan memberikan saran
atau jalan keluar untuk memecahkan masalah tersebut
Menulis laporan hasil pelaksanaan tugas tertentu
(eksposisi)
Mengapresiasi cerita rakyat atau dongeng
|
7
jp
|
|
7.
|
Tema:
Budi pekerti
Apresiasi Sastra:
Mampu mengapresiasi susastra jawa
|
Mengapresiasi cerita rakyat atau dongeng
Meringkas
Menanggapi persoalan faktual
Mendengarkan cerita rakyat
Membaca huruf jawa
Mengapresiasi susastra Jawa , Misal cerita wayang,
naskah drama, geguritan, dsb.
|
3
jp
|
|
8.
|
Tema:
Kabudayan
Mendengarkan:
Mampu mendengarkan dan memahami ragam wacana lisan
melalui mendengarkan pesan langsung, cerita wayang, drama, dan
|
Mendengarkan cerita tokoh wayang
Memerankan drama pendek atau bagian drama yang
sesuai untuk anak
Menulis dialog (percakapan)
Membaca indah
Mengapresiasi cerita anak
|
5
jp
|
|
9.
|
Tema:
Pariwisata
Membaca:
Mampu membaca dan memahami ragam teks bacaan dengan berbagai teknik
membaca cepat, membaca bersuara, membaca indah,
membaca huruf jawa
|
Membaca Cepat
Menulis karangan
Melakukan wawancara dengan memperhatikan pilihan kata dan santun
berbahasa yang sesuai
Mengapresiasi tembang Macapat atau geguritan
Mengapresiasi
cerita anak
|
5
jp
|
Malang, 9 Januari 2012
Mengetahui;
Kepala
Sekolah Guru
Bahasa Jawa
GUGUS
IV KEC. LOWOKWARU ABDUL
HAFI, SH. S.Pd
NIP.
19680522 199912 1
makasih, ikut donload pak bos...
ReplyDelete